PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Winda Riana, Rini Rita T. Marpaung, Berti Yolida

Abstract


The aim of this research was to find out the influence of discovery learning model toward students critical thinking ability. The research design was pretest-posttest non equivalent. The samples of this research were the students of class VIID and VIIA SMP Kartika II-2 Bandar Lampung who were chosen by using purposive sampling. The quantitative data were obtained from the average score of pretest, posttest and N-gain which was tested by using T-test and U-test. The qualitative data were the students learning activities which were analyzed by descriptive analysis had an increase viewed from the average of N-gain of experiment class was 57,08. It is significantly different from control class was 25,33. The average of increase of students activity from the indicator of giving a simple explanation, building the basic creativity, giving further explanation and concluding had high criteria. It could be assumed that the learning using discovery learning model has an influence in increasing students critical thinking ability in the basic competence of the characteristic living creature.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian adalah pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIA SMP Kartika II-2 Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain yang di uji menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar (57,08) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (25,33). Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan lanjut dan menyimpulkan berkriteria tinggi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model discovery learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup.

Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Agniya, W. E. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Diskoveri (Discovery Learning) Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Balim, A, G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Successand Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research.

Budiningsih, A. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher, A. 2009. An Introduction of Critical Thinking. Jakarta: Erlangga.

Harjasujana, A.S dan Damaianti. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Johnson, E. B. 2007. Conrextual Teaching And Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.81A Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Murti, Bisma. 2010. Berpikir Kritis. (online). (http://id.scribd.com/doc/188843989/Berpikir-Kritis-Prof-Bhisma-Murti-ppt#scribd. Diakses pada 5 Agustus 2015. Pukul 11.00 wib)

Pratiwi, Fitri Apriani. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. (online). Pontianak: FKIP Untan. (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6488/ 6712. Diakses pada 4 Agustus 2015. Pukul 14:08 Wib).

Purwanto, C. E. 2012 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. (online). Semarang: FMIPA UNNES. (https://www.google.co.id/url?. Diakses pada 5 Agustus 2015. Pukul 16:08 Wib).

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis; Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rustaman, N.Y. 2007. Makalah Seminar Nasional Perkem-bangan Penelitian Pembela- jaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. (online). Bandung: FMIPA UPI. (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032/NURYANI_RUSTAMAN/PenPemInkuiri.pdf. Diakses pada 4 Agustus 2015. Pukul 09:10WIB).

Sardiman, A. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.