PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Fadhilah Khairani, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of problem based learning model to increase students critical thinking skill and students learning activity. The samples of this research were students of VIIC and VIID SMP Perintis 2 Bandar Lampung which were chosen by Purposive Sampling technique. The research used pretest-posttest non equivalent design. The quantitative data were the learning result that were analyzed by using U-Test. The qualitative data were the observation sheet of learning activity and student responses. The result showed the increasing of students critical thinking skill by N-gain average in expreriment class (47,22)was significantly different with class control (33,91). The increasing of the average of students learning activity of experiment class was high criteria. Therefore, problem based learning model can improved critical thinking skill and students activity on the material of environmental management.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID SMP Perintis 2 Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 47,22 berbeda signifikan dengan kelas kontrol 33,91. Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada semua aspek berkriteria tinggi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, berpikir kritis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. G. dan T. Ridwan. 2008. Implementasi PBL Pada Proses Pembelajaran di BTPT Bandung (Online), (http://file. upi.edu.), diakses 27 April 2015.

Agustina, R. dan E. Susantin. 2010. Penerapan Perangkat Pembelajaran Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan untuk Melatih KBK (Online), (http:// jurnal.fkip.uns.ac.id), di akses 23 April 2015.

Amardani, F. 2014. Laporan Mengenai Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Online), (https://www.aca demia.edu.), diakses 02 Juni 2015.

Anjani, D. 2014. Pengaruh PBL Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap KBK Siswa Kelas VIII SMP Tamirul Islam Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 (Online), (http://eprints.ums.ac. id.), diakses 03 Februari 2015.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gelder, T. V. 2005. Teaching Critical Thinking: Some Lessons from Cognitive Science. College teaching (Online), (https://docs.google. com.), diakses 03 Maret 2015.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Islami, R. F. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap KBK Siswa Pada Materi Pokok Lingkungan. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kumara, A. 2001. Dampak Kemampuan Verbal Terhadap Kualitas Ekspresi Tulis (Online), (http://jurnal.psiko logi.ugm.ac.id.), diakses 30 April 2015.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali pres.

Samwar, N. S. 2013. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap KBK Siswa Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah (Online), (http://digilib. unila.ac.id.), diakses 16 Mei 2015.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I. W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah Pelatihan Pembelajaran dan Asesmen Inovatif (Online), (http://physicsmaster. orgfree.com.), diakses 04 Feb ruari 2015.

Sari, D. D. 2012. Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan KBK Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman (Online), (http://eprints.uny.ac.id.), diakses 23 April 2015.

Tjalla, A. 2009. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional (Online), (http:// pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG.pdf), diakses 15 Februari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.