PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS SISWA

Zhakia El Shinta, Berti Yolida, Rini Rita Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of PBL towards students creativity and written communication skill. The research used pretest-posttest non equivalent design. The samples were students of VII A and VII D SMP Kartika II-2 that were chosen by purposive sampling technique. The quantitative data were obtained from creative thinking skill (Process dimension) that analyzed by using T-test and U-test. The qualitative data was students creative thinking skill, creative attitude (Person and Press dimension), creative product (Product dimension), and written communication skill that analyzed descriptively.The result showed criteria of experiment students creativity was in "enough criteria includes Process dimension was "good", and both Press and Person dimension and Product dimension were "enough". Regression test's result showed that there was a positive relationship and influence between creativity dimensions. Students written communication skill was "enough". Therefore, PBL had influence on improving students creativity and written communication skill.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa. Penelitian menggunakan desain pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D SMP Kartika II-2, dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain Keterampilan Berpikir Kreatif (KBK) (dimensi Process) siswa yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa data KBK, sikap kreatif (dimensi Person dan Press), produk kreatif (dimensi Product), serta keterampilan berkomunikasi tertulis siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa eksperimen berkriteria cukup, meliputi dimensi Process berkriteria baik, pada dimensi Person dan Press serta dimensi Product berkriteria cukup. Hasil uji regresi menunjukkan terdapat hubungan positif dan pengaruh terhadap dimensi kreativitas. Keterampilan berkomunikasi tertulis siswa eksperimen berkriteria cukup. Sehingga PBL berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa.

Kata kunci: keterampilan berkomunikasi tertulis, kreativitas, PBL


Full Text:

PDF

References


Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Republik Indonesia.

MPI. 2011. Creativity and Prosperity: The Global Creativity Index. (Online). (http://martinprosperity.org, diakses pada 3 Juli 2015; 09.47 WIB).

Perdana, Andrean. 2014. Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Metode Ceramah. (Online). (http://materi-inside.blogspot.com/2014/12/pengertian-kelebihan-kekurangan-metode ceramah.html, diakses pada 7 Agustus 2015; 21.07 WIB).

Purnamaningrum, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No. 3: 39-51. (Online). (http://eprints-.uns.ac.id/12498/pdf, diakses pada 27 November 2014; 11.20 WIB).

Puspitasari, Laksmi. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa mata pelajaran biologi kelas x sma negeri 2 surakarta Tahun pelajaran 2011/2012. (Online). (http://eprints.uns.ac.id/12458/pdf, diakses pada 27 November 2014; 11.41 WIB).

Rachmawati, Yeni dan E. Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, N.Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pem-belajaran Inovatif. Masmedia Jawa Timur: Buana Pustaka.

Syafii, W. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan. Vol. 8 No. 1: 1-7. (Online). (http://download.portal-garuda.org/article.php?article=145904&val=2269pdf, diakses pada 27 November 2014; 12.36 WIB).

Trianto. 2009. Model-Model Pem-belajaran Inovatif Ber-orientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wulandari, R. A. 2012. Analisis Keterampilan Komunikasi dalam Penyusunan Laporan Praktikum Termokimia pada Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 5: 1- 13. (Online). (http://jur-nal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2107/2040, diakses pada 27 November 2014; 13.11 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.