PROFIL KEMAMPUAN GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN LAMPUNG TENGAH DALAM MEMBUAT RPP BIOLOGI
Abstract
This research aimed to know teachers ability in designing of biology in Senior High school all over sample of this research Regency. The Biology teachers of ninth grade were selected as sample of this research by using random sampling. The data of this research were quantitative data in form of scoring teachers ability in designing lesson plan and qualitative data in form of decretive data. This research used descriptive data analysis in from scoring and percentage. The result showed that some of the biology teachers of ninth grade were in the category of High and the variation was 83,33% and 86,11%. Then there were five teachers in category of Medium with variation werw 66,66%,57,77%, 63,88%,55,55% and 58,33%. There were two teacher in category of Low with variation were 44,44% and 47,22%.It can be concludedthat the teachers ability on making lesson plan was medium with the average62,37%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi SMA Negeri se-Kabupaten Lampung Tengah. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas XI, yang dipilih secara random sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan guru dalam membuat RPP dan data kualitatif berupa data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian kecil guru biologikelas XI berkategori tinggi dengan variasi 83,33% dan 86,11%, Kemudian terdapat 5 guru berkategori sedang dengan variasi 66,66%, 55,77%, 63,88%, 55,55% dan 58,33%, Dan terdapat 2 guru berkategori rendah dengan variasi 44,44% dan 47,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru biologi dalam membuat RPP yaitu berkategori sedang dengan rata-rata 62,37%.
Kata kunci : profil guru, RPP, biologi
Full Text:
PDFReferences
Brotosedjati, S. 2012. Kinerja Guru Yang Telah Lulus Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. (Online).(http: //download.Portalgaruda.Org/artikel.php?artikel =7082&val=534.pdf, diakses pada tanggal 24 April 2015: 16.22 wib. 11 hlm).
Ismanto. 2007. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Masa kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah (MA) Dikudus. (Online). (http: // lib. unnes. ac. id/16885/1/1103503020.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.18 WIB). 114 hlm.
Jejen, M. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Bogor: Prena Media.167 hlm.
Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 165 hlm.
Munandar,S.C.U. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo. 304 hlm.
Sanjaya, W. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya. 214 hlm.
Sulistyowati, D. 2006. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya dalam Pelaksanaan Kurikulum 2004 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri Se- Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang : FMIPA UNES. Semarang
Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. 230 hlm.
Syaiful,S.2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta. 143 hlm.
Widayoko, S. E. P. 2005. Kompetensi Mengajar Guru IPS kabupaten purworejo. (Artikel). http: //www.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/kompetensi-mengajar guru-ips-sma-kabupaten purworejo. pdf. diakses tanggal 24 april 2015, 16.48 wib. 14 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.