PENGGUNAAN POSTER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STADTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

I Putu Arie Permana, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


The purposes of this research were to increase the students activity and students result study, students perception on environment management subject matter with poster media through Student Team Achievement Division cooperative learning model. This research was aimed to find out the influence of the implementation of poster media in (STAD) type to improve the learning outcomes and students' learning activity on environment management subject matter. This research was experiment research. The sample were class VII A and VII D SMP Negeri 1 Seputih Mataram, Central Lampung that was chosen by cluster random sampling technique. The research design was pretest-posttest non equivalen. Result study were student activity chapter 4 in table 10 activity in experiment class and control class. Based on the result of the students, it was known that the students were agreed and glad to use poster media in learning through cooperative learning model of STAD type.

Tujuan dari penilitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta tanggapan siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok pengelolaan lingkungan dengan menggunakan media poster melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIA dan VII D SMP Negeri 1 Seputih Mataram Lampung Tengah yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Pada penelitian ini memperoleh hasil penilitian pada akivitas siswa memperoleh peningkatan yang sangat tinggi pada kelas eksperimen jika dibandingkan kelas kontrol, data belajar aktivitas siswa bisa dilihat pada bab 4 ditabel 10 aktivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil yang diperoleh yaitu siswa sangat setuju dan merasa senang belajar menggunakan media poster melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media poster, model STAD, pengelolaan lingkungan


Full Text:

PDF

References


Afidah, Santosa, dan Indrowati. 2012. Penerapan Model pster Dalam Pencapaian Konsep dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa SMP. (Skripsi). Universitas Lampung

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.192 hlm

Hamzah, B. 1981.Media Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 124 hlm.

Purnamasari. 2010. Media pendidikan. Jakarta: PT Grafindo persada. 135 hlm.

Rohani, A. 2004. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.245 hlm.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC. 398 hlm.

Sardiman. 2008. Interaksi dan motivasi belajar Mengajar. Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada. 236 hlm.

Subiyanto.1990. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud. 213 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.