PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF

Ayu Putri Prahastini, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to determine the influence of PBI to creative thinking skill in argumentative writing and student responses by using PBI on human role in environmental management subject matter. The samples were student of VII1 and VII5 SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest non equivalent. The quantitative data of creative thinking skills were obtained from pretest, posttest and N-Gain which were analyzed by t test and U test. The qualitative data was student responses from questionnaire which were analyzed descriptively. The result showed that PBI increase creative thinking skill on students argumentative writing significantly with the average of N-gain in experiment class (44,20%) which was higher than control class (36,27%). More than 80% students gave positive responses to the using of PBI. Based on this research PBI gave influence to improved creative thinking in argumentative writing.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh PBI terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif dan tanggapan siswa terhadap penggunaan PBI materi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Sampel adalah siswa kelas VII1 dan VII5 di SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini pretest-posttest non equivalen. Data kuantatif kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari pretest, posttest, dan N-Gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa tanggapan siswa dari angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan PBI meningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa secara signifikan dengan rata- rata N-Gain kelas eksperimen (44,20%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar (36,27%). Lebih dari 87% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan PBI. Oleh karena itu, PBI berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif.

Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, PBI, tulisan argumentatif


Full Text:

PDF

References


Achdadiat, R. 2015. Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Terpadu. (Online). (http://www.academia.edu/,diakses pada 14 Juni 2015; 09.03 WIB). 18 hlm.

Arends, R. 2008. Learning To Teach (penerjemah Helly Prajitno dan Sri Mulyatini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 371 hlm.

Hartati, T. 2010. Penerapan Pendekatan Conferencing dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.(Online). (http://file.upi.edu/ai.php?dir=Direktori/C%2020FPBS/JUR.%20PEND.%20BHS.%20DAN%20SASTRA%20INDONESIA/, diakses pada 4 Maret 2015; 11.08 WIB). 11 hlm.

Ibrahim, M dan M. Nur. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA-University Press. 122 hlm.

Ismaimuza, D. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi. Vol 63, No 2, 33. Semarang: UNS. 8 hlm.

Munandar, S.C.U. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 424 hlm.

Permendikbud. 2013. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud. 7 hlm.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC. 318 hlm.

Sabaerti, A., M. Arsyad, dan S. Ridwan. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indo-nesia. Jakarta: Erlangga. 247 hlm.

Setiyaningsih, Y. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentatif dan Keterampilan Berpikir Kritis Berbahasa Indonesia Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Logika Toulmin. Educationist Journal. Vol. 11 No. 2, 99. Semarang. 7 hlm.

Subegti, D.A. 2009. Penerapan Model Problem Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keteram-pilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Kelas IX Pada Pembela-jaran Lingkaran. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang. 157 hlm.

Zaidah, M.P., dan Syamsu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division Berbantuan Media Kartu Alir Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tomini. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 2 No. 2 ISSN 2338 3240. Sulawesi Tengah. 22 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.