PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of PBI model to creative thinking skill in argumentative writing on influence of population density on environment subject matter. The design of this research was control group pretest-posttest non equivalent. The samples were class VII3 and VII2 SMP Satya Dharma Sudjana Central Lampung, which was obtained by purposive sampling technique. The quantitative data were creative thinking in argumentative writing which were obtained from pretest, posttest, and N-gain that were analyzed by t test and U test. The qualitative data were response to PBI model which obtained from questionnaire were analyzed by descriptive. The result showed that the average of creative thinking in argumentative writing N-gain in experiment class was 52,33% different significantly than control class (40,04%) and most of the students showed positive responses to the using of PBI model. It could be concluded that PBI model influenced creative thinking skill in argumentative writing.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBI terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa pada materi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. Desain penelitian ini merupakan desain pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel adalah siswa kelas VII3 dan VII2 SMP Satya Dharma Sudjana Lampung Tengah, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif diperoleh dari pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap model PBI diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata N-gain berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa kelas eksperimen (52,33%) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (40,04%) dan sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBI. Sehingga, penerapan model PBI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa.
Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, PBI, tulisan argumentatif
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H. 2001. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia Paragraf. Jakarta: Depdiknas.
Arends, R., I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hake, R.1999. Analyzing Change/Gain Scores.Article.(Online). (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. diakses pada Jumat, 7 Maret 2015. 17:09 WIB).
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Iksan, N. 2010. Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Protista. (Online).(http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/18806/1/Nur%20Iksan-FITK, diakses pada Sabtu, 8 Maret 2015. 23:36 WIB).
Kemendikbud. 2006. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi SMP. Jakarta: Kemendikbud.
Kosasih, E. 2003. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
MPI. 2011. Creativity and Prosperity: The Global Creativity Index. (Online). (http://martinprosperity.org/media/GCI%20Report%20Sep%202011.Dpdf. diakses pada Rabu, 17 Juni 2015. 20:13 WIB).
Setiyaningsih, Y. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentatif dan Keterampilan Berpikir Kritis Berbahasa Indonesia Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Logika Toulmin Vol II No.2.(Online).
(http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._II_No._2-Juli_2008/4_Yuliana_Setiyaningsih_rev.pdf diakses pada Rabu, 4 Maret 2015. 18:23 WIB).
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryani, N. dan L. Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.