PENGARUH ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Johan Subekti, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


This experiment was aimed to find out the improvement of students activity and learning outcome in global warming subject matter through active learning model. The design of this experiment was non equivalent pretest-posttest. The samples were sudents in VII3 and VII4 class which were chosen by purposive sampling. The quantitative data were obtained from pretest, posttest, and N-gain score that was analyzed by t-test. The qualitative data were sudents learning activity that was analyzed descriptively. The result of this study showed that using active learning model can improved the study result (N-gain 65,36). Students learning activity in experimental class showed the average precentage of 77,08%, while in control class the average precentage of 54,46%. Thus, there was influence of active learning in improving the activity and student learning outcomes in global warming matter.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global melalui model active learning. Desain penelitian adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII3 dan VII4yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa (N-gain 65,36). Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukan rata-rata persentase sebesar 77,08%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 54,46%. Dengan demikian, ada pengaruh active learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global.

Kata kunci: active learning, aktivitas, hasil belajar, pemanasan global

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M.L. 2009. Active Learning. Bandung: Nusa Media.

Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutikno, S. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suyatmi, A. 2008. Pengaruh Penggunaan Strategi Active Learning dengan Metode Index Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. (Online). (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/AAN_20SUYATMI-FITK, diakses pada 14 Januari 2015: 21.30 WIB).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaini, H., B. Munthe, dan S.A. Aryani. 2006. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CSTD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.