KAJIAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK

Sujono Dwi Putra, Arwin Achmad, Dina Maulina

Abstract


This research aimed to determine the teachers ability to plan and implementation an authentic assessment in Junior High School in Palas South Lampung. This research was descriptive simple. Research sampling method was purposive sampling, thus obtained 10 science teachers. The research data were qualitative data the form of a picture of a teachers ability to plan and implementation an authentic assessment in science subject were analysis with simple descriptive. The result showed that teachers planning ability on authentic assesment have score 87 in good criteria and teachers implementation ability on authentic assesment have score 38 in adequate criteria. Thus, it can be concluded the teachers planning ability in good criteria and the teachers implementation ability in adequate criteria on Junior High School in Palas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA di SMP se-kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 10 guru IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA yang dianalisis secara deskriptif sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan guru dalam merencanakan penilaian autentik memperoleh skor 87 dengan kriteria baik dan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian auutentik memperoleh skor 38 dengan kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru IPA SMP dan MTs se-kecamatan Palas dalam merencanakan penilaian autentik berkriteria baik dan pelaksanaannya berkriteria cukup.

Kata kunci : IPA, kemampuan guru, penilaian autentik

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa: Bandung.

Camelia dan U. Chotimah. 2012. Kemampuan Guru Dalam Membuat Instrumen Penilai-an Domain Afektif Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Vol V, No. 2: 1-9. (Online), (http://eprints.unsri .ac.id/1417/1/Kemampuan_Guru_dlm_membuat_instrumen_Penilaian_Afektif.pdf, diakses pada 23 april 2015; 16.34 WIB)

Eliyanto. 2013. Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 1, No.1: 1-14. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=282667&val=7202&title=pengaruh-jenjang-pendidikan,-pelatihan,dan-pengalaman-mengajar-terhadap-profesionalisme-guru-sma-muhammadiyah-di-kabupaten-kebumen.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.35 WIB)

Ismanto. 2007. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah (MA) Di Kudus. Thesis. (http://lib.unnes.ac.id/ 16885/1/1103503020.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.18 WIB)

Kurniasih, I. dan B. Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapannya. Jakarta: Kata Pena.

Sudradjat, A. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. (Online), (https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/standar-proses-_permen-41-2007_.pdf, diakses pada 25 November 2014; 17.23 WIB)

Susanti, M. T. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengelola Hipertensi Di Puskesmas Pandanaran Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Vol 1., no 1: 1-19. (Online), (http://pmb.stikestelogorejo.ac.id/ejournal/index.php/ilmukeperawatan/article/download/66/105.pdf, diakses pada 15 Juni 2015; 17.42 WIB)

Verdianto, D. 2014. Kajian Kemampuan Guru Biologi SMA Negeri Kabupaten Pringsewu Dalam Menyusun Perangkat Instrumen Penilain Pada Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Widoyoko, S. E. P. 2005. Kompetensi Mengajar Guru IPS Kabupaten Purworejo. Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: 1-14. (Online), (http://www.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/Kompetensi-Mengajar-Guru-IPS-SMA-Kabupaten-Purworejo.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.48 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.