PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Wirdona Yunisa, Tri Jalmo, Dina Maulina

Abstract


The purpose of this research was to determine the influence of problem solvings learning in increasing students argumentation skill and students learning outcomes. The samples were students of VIIA and VIIB SMPN 19 Bandar Lampung chosen by Purposive Sampling technique. The research used pretest-postest non equivalent design. The qualitative data were the assesment sheet of argumentation skill and student responses that were analyzed descriptively. The quantitative data were the learning outcomes that was analyzed by using T-test. The increasing in the average of students argumentation skill of experiment class was (51,4%). The result of students learning outcomes with N-gain average (51,9) was significantly different with class control (29,4). Most of students (81,5%) showed positive responses. Therefore, problem solvings learning could improve students argumentation skill and learning outcomes.


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMPN 19 Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-postest non equivalent. Data kualitatif berupa data kemampuan berargumentasi siswa dan tanggapan siswa terhadap model Problem Solving yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan Uji T. Peningkatan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa kelas eksperimen sebesar (51,4%). Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (51,9) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (29,4). Sebagian besar siswa (81,5%) memberikan tanggapan positif terhadap model Problem Solving. Sehingga, penggunaan model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan berargumentasi, problem solving


Full Text:

PDF

References


BNSP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh Model Silabus SMA/MA. Jakata: Depdiknas.

Effendi, U. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar. (Online), (http//:jurnal.utm.ac.id) diakses 07 Februari 2015.

Farida, I. dan Gusniarti, W. F. 2014. Profil Ketrampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Volume 4: 36.

Gulo, W. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hsiao, H. C. dan Chang, J. C. 2003. A Quasi-Experimental Study Researching How a Problem Solving Teaching Strategy Impacts on Learning Outcomes for Engineering Students. World Transaction on Engineering and Technology Education. Vol. 2: 391.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Ristiasari, T., Priyono, B., dan Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb/) diakses 04 Februari 2015.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SIC.

Rosita, C. D. 2013. Meningkatan Kemampuan Argumentasi Matematis Melalui Pembelajaran CIRC. (Online), (http://:publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 04 Februari 2015.

Rustini, T. 2008. Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Pengembangan Potensi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. (Online), (http//:file.upi/Direktori/jurnal/pendidikan), diakses 04 Februari 2015.

Uno, H. B. dan Nurdin, M. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin, Rubiana. 2010. Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Model Problem Solving. (Skripsi). Bandung: STKIP Siliwangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.