PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS
Abstract
This research was aimed to know the effect of e-learning to studentss activity and learning outcomes. Samples were X.1 and X.2 that was chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. This research data were quantitative and qualitative data. The quantitative data was obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test.The qualitative data are student learning activities data and quostionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the e-learning can improvedstudentss learning activityand learning outcomes, that were observed in experiment class wasincrease with the average score of all aspect was high criteria (80,63%). Studentss learning outcomes was proof with N-gain average 75,75. Beside that, most student (96,67%) gave positive response towardse-learning implementation. Thus, using e-learning was significant to improve studentss activity and learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning terhadapaktivitasdanhasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.1dan X.2 yang dipilih daripopulasisecarapurposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompoktak ekuivalen. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa padakelaseksperimen mengalami peningkatan untuk semua aspek dengan rata-rata aktivitas berkriteria tinggi (80,63%). Hasil belajar siswa jugamengalamipeningkatandengan rata-rata N-gain75,75. Sejalan dengan hal itu, sebagian besar siswa (96,67%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaane-learning. Dengan demikian, penggunaane-learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, e-learning, hasil belajar, virus
Full Text:
PDFReferences
Hadjar,I. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan.Jakarta: Raja Grasindo.
Patadjenu, D. 2013. Penerapan Pembelajaran E-learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada SMAN 1Bolangitang.Jurnal Pendidikan Ekonomi Unima. (Online),Volume 1, No 5, (http://ejournal. unima.ac.id/index.php/jpe/article/view/65), diakses 07 Maret 2014.
Permendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Poerwati, E. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suparno, P. 2002. Reformasi Pendidikan sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Susanti, E dan M Sholeh. 2008. Rancang Bangun Aplikasi E-learning. Jurnal Teknologi Akprind Yogyakarta. (Online),Volume 1, No 1, (http://jurtek.akprind.ac.id/site/ default/files/hal-53-57 sholehgabung-ok.pdf), diakses 07 Maret 2014.
Turino. 2009. E-learning Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Pascasarjana Magister Teknik Informatika Udinus. (Online), Volume 5, No 2, (http://research.pps.dinus.ac.idlib/jurnal),diakses 07 Maret 2014.
Wijaya, M. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran e-learning Berbasis Web dengan Prinsip e-pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar.Jurnal BPK Penabur Bandung.(Online), Volume 2, No 1, (http://www.bpkpenabur. or.id/files), diakses 07 Maret 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.