EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ihda Febriana Sari, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The purpose of this study to determine the use of Jigsaw learning model to improve the activity and student learning outcomes. The study design was a pretest posttest non-equivalent. Samples were VIIIa and VIIIb in SMP N 1 Jati Agung, class selected cluster random sampling. The research data in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data is student learning outcome. The quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain were analyzed using t-test and U- test . Qualititative data is student activities learning that analyzed descriptively. Student learning outcomes increased significantly with an average value of pretes (28,89), postes (80,83) and N-gain (72,38). Thus, learning through Jigsaw cooperative learning model have a significant effect on learning outcomes and student activities.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIa dan VIIIbdi SMP N 1 Jati Agung,yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas siswa yang dianalisis secara deskriptif. Penguasaan materi oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (28,89), postes (80,83) dan N-gain (72,38). Dengan demikian pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, jigsaw


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Umum KTSP.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Indarti. 2011. Hasil Penelitian Penggunaan Model Pembeljaran Kooperatif Jigsaw. Malang : UPT Perpustakaan Negeri Malang.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Susilowaty. 2011. Model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Bandung : Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

Trianto. 2007. Masalah Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Kencana

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.