PENGARUH MODEL TGT MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI
Abstract
This study was aimed to determine the effect of TGT learning model and flash card media toward students learning activity and material understanding. This study was designed using not equevalent group pretest posttest design. The samples were students of grade X1 and X2 and it was established by purposive sampling. The qualitative data of students learning activity was collected by observation sheet, and students respons was collected by questionnaire, then it was analyzed descriptively. The quantitative data of material understanding was collected by an average value of pretest, posttest and N-Gain, then it was analyzed statistically using t-test and U-test. The results of this study showed an increased students learning activity with percentage 80,16% as high criteria, but it was not influence significantly to students material understanding of Plant Kingdom. The N-gain average of material understanding on C1 indicator was 92,8617,93; and C3 indicator was 32,7127,79 were not different significantly. While, C2 indicator was 86,5424,13 different significantly.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dengan media kartu bergambar terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa aktivitas belajar yang diperoleh melalui lembar observasi, dan tanggapan siswa diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi siswa diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar yaitu 80,16% dengan kriteria tinggi, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi Dunia Tumbuhan. Rata-rata N-gain penguasaan materi pada indikator C1 sebesar 92,8617,93; dan indikator C3 sebesar 32,7127,79 tidak berbeda signifikan, namun indikator C2 sebesar 86,5424,13 berbeda signifikan.
Kata kunci: aktivitas belajar, kartu bergambar, penguasaan materi, TGT
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S. B dan A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Gredler, M. E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Parendrarti, R. 2009. Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Surakarta: UMS.
Prapita, E. D. 2009. Efektivitas Media Kartu Bergambar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP N 1 Jaten TP 2008/2009. Skripsi. Surakarta: UMS.
Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, A. S. , R. Rahardjo, A. , Haryono, dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulaseh. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Materi Pokok Ekosistem Kelas VIIE MTs Negeri Surakarta II. Skripsi. Surakarta: UMS.
Tang, A. 2008. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas V SDN 274 Mattirowalie Wajo. [Online]. Jurnal. Tersedia: http: //isjd.pdii.lipi. go.id/admin/jurnal/5208173187.pdf. [15 Juni 2012]
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.