PENGGUNAAN TEKNIK PEMETAAN KONSEP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN

Dian Yustie Anggraeni, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this research was to determine the effect of concept mapping to students learning activities and conceptual understanding of living organization. The study design was a pretest-posttest equivalent group. Samples were VIIE and VIIF grades selected by cluster random sampling. The quantitative data were obtained from the average of pretest, posttest and N-gain that were analyzed using T test and U test. The qualitative data were description of learning activities. The result showed that the students activities were increase. Students conceptual understanding also increased with the average value of N-gain (72,44). So it can be concluded that the using of concept mapping gave significant effect to increase students learning activity and conceptual understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pencatatan pemetaan konsep terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi pokok organisasi kehidupan oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji T dan uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mengalami peningkatan. Penguasaan konsep siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain (72,44). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa.

Kata kunci :aktivitas belajar,organisasi kehidupan,penguasaan konsep, teknik pencatatan pemetaan konsep

Full Text:

PDF

References


Hanafiah, N dan C. Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Maryam, S. 2009. Pengaruh Metode Pemetaan Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.

Mendiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mendiknas.

Nurasiah, S. 2011. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Materi Pada Materi Pokok Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011 (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Unila.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.