IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS V SDN 1 PENGAJARAN

Yusika Nabilla, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to describe the implementation of curriculum 2013 on science learning in fifth grade in SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung academic year 2014/2015 based on standard of process, scientific approach, and integrated thematic. Research samples were teachers who teach in fifth grade selected by purposive sampling. The type of data was qualitative data which is description of learning implementation in classroom by teacher. The results showed that the implementation of curriculum 2013 at the fifth grade learning activities have suitability to standard process with average score is 76.5% and categorized as "high", the average score of suitability to scientific approach is 83.35% and categorized as "high" and the average score of suitability to integrated thematic is 83.35% and categorized as "high". Thus the results of the research showed that implementation of science learning based on curriculum 2013 that implemented by teachers in SDN 1 Pengajaran, Bandar Lampung has high criteria.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 1 Pengajaran, Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015 sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan tematik integratif. Sampel penelitian adalah guru kelas yang mengajar di kelas V yang dipilih secara purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menujukkan implementasi kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran kelas V memiliki kesesuaian standar proses dengan presentase skor rata-rata 76,5% berkriteria tinggi, kesesuaian pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata 83,35% berkriteria tinggi dan kesesuaian pembelajaran tematik terpadu dengan persentase skor rata-rata 83,35% berkriteria tinggi. Dengan demikian hasil penelitian menujukkan implementasi pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas V pada SDN 1 Pengajaran, Bandar Lampung memiliki kriteria tinggi.


Kata kunci : kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses, tematik terpadu


Full Text:

PDF

References


Chatib, M. 2012. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Hajar, I. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Uno, H. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.