PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RAJABASA

Sri Wahyuningsih, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to describe how the teachers profile in teaching science in 5th grade of Rajabasa elementary school. Subjects research were six science teachers for class V elementary school from six schools in Rajabasa district. Teachers sampling chose by purposive sampling technique. Qualitative data were obtained from learning activity observation sheet by six teachers during the learning process. Data were analyzed descriptively and compared to the process standard that apply contructivism and scientific approach learning. The result showed that learning activity had suitability with process standard that apply contructivism learning with average percentage 51,84% that is medium category. According to the scientific approach learning had average 23,33% that is low category. Therefore science learning based on standard process that apply contructivism and scientific approach learning in Rajabasa district has medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas V Sekolah Dasar Negeri di Rajabasa. Subjek penelitian ini adalah enam guru IPA pada kelas V Sekolah Dasar dari enam sekolah di kecamatan Rajabasa. Sampling guru dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh keenam guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian pembelajaran IPA dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme memiliki presentasi skor rata-rata 51,84% berkategori sedang. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki presentasi skor rata-rata 23,33% berkategori rendah. Hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran IPA berdasarkan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme dan pendekatan saintifik di SD kecamatan Rajabasa berkategori sedang.

Kata kunci : kontruktivisme, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses


Full Text:

PDF

References


Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kemdikbud. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

Riandi. 2014. Sistem Pembinaan Profesional Guru IPA. (Online).(http://file.upi.edu/Direktori/FP MIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/ 196305011988031-RIANDI/Makalah-Artikel/Makalah_Sistem_ Pembinaan_Profesional_ Guru_IPA.pdf, diakses pada Januari 2014).

Rochintaniawati, D. 2008. Profil Pembelajaran IPA yang Dilangsungkan oleh Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. (Online).(http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/DIANA_ROCHINTANIAWATI/SEMNAS_BIO- PROFIL_GURU_ MENGAJAR_ IPA.pdf, diakses pada Januari 2014).

____________. 2009. Kebutuhan Guru Sekolah Dasar di Cimahi dan Kabupaten Bandung dalam Melangsungkan Pembelajaran IPA. (Online). (http://jurnal.upi. edu/file/Diana.pdf, diakses pada Desember 2014).

Syaadah, E. 2013. Implementasi IPA Terpadu pada Tema Air dan Kesehatan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. (Skripsi). Bandung: UPI.

Wardhani, S. dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. (Online).(http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu2011/SMP/4.INSTRUMEN_PENILAIAN_HASIL_BELAJAR_MATEMATIKA.pdf, diakses pada Januari 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.