PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of picture media and Problem Based Learning (PBL) model to improve students learning achievement. The study design was a pretest posttest non equivalent. The samples were VIIA and VIIB class which were selected by cluster random sampling. The research quantitative data were obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain that were analyzed using U-test, homegenitas test, t1-test, and t2-test. The results showed that implementation of picture media and PBL model can improved learning achievement with an average of N-gain was 41,25. Thus the implementation of picture media and PBL model was effective to improved students learning achievement on environmental pollution subject matter.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar dan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes dan postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIByang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U, uji homogenitas, uji t1 dan uji t2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain 41,25. Sehingga pembelajaran menggunakan media gambar dan model pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan.
Kata kunci : hasil belajar, media gambar, model pembelajaran PBL, pencemaran lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, I. 2012. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. (Online). (jurnal.untan.ac.id /index.php/jpdpb/article/ viewFile/1049/pdf, diakses pada , 28 Agustus 2014; 21.59 WIB).
Cahyadi, C. 2010. Joyfull Learning. (Online). (http://cecepassaadatain. wordpress.com/2010/12/15/ joyfull-learning/, diakses pada 29 oktober 2013; 23:12 WIB).
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnunidah, N. 2009. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Organ Manusia. (Online). (http://pustaka/ilmiah Unila/Wordpress, diakses pada 28 Oktober 2013; 19:17 WIB).
Imtihani, N. 2007. Komparasi efektifitas Penggunaan Media Model dan Gambar Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi (Skripsi). (Online). (http://digilib.uin-suka.ac.id/846/1/BAB/20I,/20BAB/20V,/20DP.pdf, diakses pada 28 Juni 2014; 20.13 WIB)
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muslich, M. 2008. KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Nopitasari, A. 2012. Pengaruh Metode Student Created Case Studies disertai Media Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo (Skripsi). (Online). (http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/ANGGUN-NOPITASARI_K4308069.pdf, diakses pada 5 Juni 2014; 20.45 WIB).
Relista, R. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Komik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Roestiyah, N. K. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Tirtaraharja, U. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahyuni, H. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Nyata dan Media Gambar terhadap Peningkatan Minat dan Keterampilan Proses Dasar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Angkinang (Skripsi). (Online). (http://eprints.uny.ac.id/8187/1/1/20-2010708259027.pdf, diakses pada 28 Juni 2014; 15.21 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.