PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nuria Fiani, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to determine the effect of using learning model think-pair-share to students learning outcomes of junior high school YBL Natar. This study was quasi-experimental study with pretest and posttest design equivalent groups. Samples were students of class VII A and VII D that were selected by purposive sampling of the population. This research data were quantitative and qualitative. Quantitative data were N-gain analyzed by ANOVA test and U test. Results showed TPS can improved students learning outcomes with the average N-gain is 51,09. The average N-gain on indicator has increased 14,37 for C1 and C4 indicators 2,72. Activity of students in experimental class for all aspects had average 85,26% with high criteria. In addition, most of the students (86,29%) gave a positive response to think-pair-share learning model.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think-pair-share terhadap hasil belajar siswa di SMP YBL Natar. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretest dan posttest kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa N-gain yang dianalisis melalui uji anova dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan TPS meningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan rata-rata N-gain yaitu 51,09. Rata-rata N-gain pada indikator yang mengalami peningkatan yaitu C1 14,37 dan indikator C4 sebesar 2,72. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen untuk semua aspek memperoleh rata-rata 85,26% dengan kriteria tinggi. Selain itu, sebagian besar siswa (86,29%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran think-pair-share.

Kata kunci: hasil belajar, klasifikasi benda, think-pair-share



Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2003. Pendidikan menurut undang-undang. (Online). (http//:www.depdiknas.co.id., diakses pada 16 Juni 2011 08.00 WIB)

Huda, M. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, A. 2004. Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Lyman. 2002. Strategies For Reading Comprehension Think-Pair-Share. (Online). (http://curry.Edschool.virginia.edu/go/readquest/strat/tps/html) diakses pada 20 juni 2014 21:12 WIB).

Muliani. 2009. Masalah Pendidikan di Indonesia. (Online). (http//:www.ubb.ac.id., diakses pada 20 juni 2014 23:20 WIB)

Nurhadi. B.Y. dan A.G. Senduk. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pramudiyanti. 2008. Hasil Belajar Mahasiswa Botani Tumbuhan Tinggi Dengan Model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas lampung. 26 Januari 2008. Bandar Lampung.

Slavin R.E. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.