PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Wina Halimah, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


This research was aimed to know the influence ofpower pointteaching media towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIAand VIIB. The design of this research was pretest-posttest non-equivalent group. Quantitative data were obtained from the average of test scores that were analyzed using t-test and U-test. Qualitative data were students learning activities and questionnaire responses that analyzed descriptively. The result showed thatpower pointcan improved students learning activities with percentage 86,63%. Percentage of learning activities on cooperation team (96,53%), presentation discussion result (83,33%), asking question (88,19%), and making conclusion (78,47%). Conceptual understanding of students in experiment class were not significantlydifferent with control class,N-gainaverage was 15,89. In addition, most of the students (94%) gave positive responses towardspower point. Thus, usingpower pointwas good to improve students learning activities but not good to improve conceptual understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mediapower pointterhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIIAdan VIIB.Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mediapower pointdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase 86,63%. Aktivitas bekerjasama dalam kelompok (96,53%), mempresentasikan hasil diskusi kelompok (83,33%), mengajukan pertanyaan (88,19%), dan membuat kesimpulan (78,47%). Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen tidak berbeda signifikan dengan penguasaan konsep siswa kelas kontrol, dengan rata-rataN-gain15,89. Selain itu, sebagian besar siswa (94%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan mediapower point.Dengan demikian, mediapower pointbaik untuk meningkatkan aktivitas belajar namun kurang baik untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, penguasaan konsep siswa,power point


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah, S. B dan A. Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Muhson, A., K. Baroroh dan Mustofa. 2012. Pembuatan media pembelajaran interaktif dengan microsoft power point. (Online). (http://ejournal.unesa. ac.id/index.php/ bioedu, diakses pada 23 Agustus 2013 pukul 06:57.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, A. S., dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2005.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Utari, R. A. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhdap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Oleh Siswa pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.