PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
This research aimed to know the effect of socratic circles method with picture media to students activity and critical thingking skill at SMA N 1 Ngambur. Samples were X.1 and X.2 that was chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data were student learning activities and responses that were analyzed descriptively. The result showed that the socratic circles method were observed in experiment class was increase with the average score of all aspect was high criteria (72,8%). Critical thingking skill students was proof by N-gain average 59,4. Beside that, most of the student (98%) gave positive responses towards socratic circles method. Thus, using socratic circles method was significant to improve students activity and critical thingking skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode socratic circles disertai media gambar terhadap aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa pada SMA N 1 Ngambur. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.1 dan X.2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode socratic circles pada kelas eksperimen mengalami peningkatan untuk semua aspek dengan rata-rata aktivitas berkriteria tinggi (72,8%). Kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 59,4. Sejalan dengan hal itu, sebagian besar siswa (98%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan metode socratic circles. Dengan demikian, penggunaan metode socratic circles berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : aktivitas, berpikir kritis, media gambar, metode socratic circles, pencemaran
Full Text:
PDFReferences
Afidah, I. N, S. Santosa dan M. Indrowati. 2012. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS, Pengaruh Penerapan Metode Socratic Circles Disertai Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Vol. 4, No. (3), Hal.12.
Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakata: Raja Grasindo.
Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, A. S. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Penmanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana dan Rivai. 2010. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.