PENGGUNAAN MODEL TGT DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR

Febri Febri, Arwin Achmad, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This experiment aimed to know the effect of Teams Games Tournament (TGT) model with snakes and ladders media based on students biology learning result for the subject matter of organization of life. The design of this research was pretest-posttest non equivalent. This research was done at VII SMP Negeri 1 Way Krui, students of VII.A and VII.B were samples which were taken by purposive sampling technique. This research used qualitative and quantitative data. The quantitative data was obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain were analyzed by t-test and u-test. The qualitative data was the observation sheet of learning activities and responses that analyzed descriptively. The results showed that TGT model with snakes and ladders can improve students biology learning result. It was shown by the experimental class average value of learning result 66,14 was higher then control class learning result 59,77.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) dengan media ular tangga terhadap hasil belajar biologi siswa dalam materi pokok organisasi kehidupan. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Way Krui, siswa kelas VII.A dan VII.B sebagai sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dengan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan tanggapan yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT dengan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 66,14 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 59,77.

Kata kunci : hasil belajar, media ular tangga, model TGT, organisasi kehidupan




Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hanifiyah, H. 2013. Uji coba penerapan medel pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di bantu media ular tangga pada konsep klasifikasi mahluk hidup. Tasik Malaya: Skripsi Universitas siliwangi.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyitno, A. 2000. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wijaya, H. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia. Jakarta: Skripsi Universitas Islam Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.