HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research was to determine relationship between quality of questions with student learning outcomes. The design was descriptive correlational. The samples were students of class XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran that were selected by purposive sampling. Qualitative data was quality of student questions that compare with learning outcomes and quantitative data was learning outcomes from daily examination. The data was tested statistically by using Pearson correlation test (Product Moment). The results showed there was no correlation between quality of students questions and learning outcomes with equal to -0.078. No correlation between quality of student questions and student learning outcomes might caused by the difficulty of the reproductive system subject matter which must be explored specificly, and unsuitable of speech learning method.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas pertanyaan dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu kualitas pertanyaan siswa yang dibandingkan dengan hasil belajar siswa dan data kuantitatif yaitu nilai hasil belajar yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Data yang telah diperoleh diuji statistik menggunakan uji korelasi Pearson (Product Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar -0,078. Tidak adanya hubungan antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh sulitnya materi sistem reproduksi yang harus digali secara spesifik, serta kurang tepatnya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran.
Kata kunci: hasil belajar, pertanyaan siswa, taksonomi Bloom
Full Text:
PDFReferences
Barus, Wilda. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading Kecamatan Sibiru-biru TA 2011/2012 (Skripsi). (Online). (http: digilib.unimed.ac.id/, diakses pada 17 Februari 2014).
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmi, Aida. 2011. Pengaruh Siswa Bertanya dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas. (Online). (http://aidacho2.wordpress.com/2010/10/11/pengaruh-siswa-bertanya-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-di-kelas/, diakses pada 17 Februari 2014).
Sari, Rizky. 2012. Analisis Pertanyaan Siswa Menerapkan Motode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Klasifikasi Marbach pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 3Medan. (Tesis). (Online). (http: digilib.unimed.ac.id/, diakses pada 17 Februari 2014).
Thoha, Chabib. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widodo, Ari. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 4 Nomor 3, 139-148. (Online). (http: widodo.staf.upi.edu, diakses pada 17 Februari 2014).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.