EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

made dewi lestari, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to determine the effectiveness of slide power point media learning on students learning outcomes. The design was pretest-posttest non-equivalent group. Cluster random sampling was used choosing class X1 and X2 as subjects. The quantitative data were obtained from pretest and posttest values that analyzed by gain comparison, while the qualitative data was obtained from student learning activity that were analyzed descriptively. The results show that the using of slide power point was effective to increase students learning outcomes (gain 0,61), average of students ability from each indicator that was observed had increased with high criteria. Whereas average of student learning activity in all aspects had medium criteria (74,71). Thus, it can be concluded that slide power point media can increased students learning outcomes and student learning activities on vertebrata subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media slide power point pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah desain pretes-postes kelompok non equivalen. Teknik claster random sampling digunakan dalam memilih kelas X1 dan X2 sebagai subjek. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan perbandingan gain, sedangkan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media slide power point efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (gain 0,61), kemampuan siswa dari tiap indikator hasil belajar yang diamati memilki rata-rata peningkatan dengan kriteria tinggi (75,5). Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa di setiap aspek memiliki kriteria sedang (74,71). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media slide power point dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada sub materi vertebrata.

Kata kunci : efektivitas pembelajaran, hasil belajar, mediaslide power point, vertebrata


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilain Kurikulum 2004. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Desa, S. 2003. Koswer Multimedia Interaktif Biologi. Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. (Online) (http://ppp.upsi.edu.my/img/srdrshakinaz.pdf, diakses pada 5 April 2014 pukul 21.05 WIB)

Giyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi, D.A. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Pada Konsep Organisasi Kehidupan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri I Guntur Demak Tahun Ajaran. (Skripsi) (Online) (https:// repository. Ikip. Edu/T_Biologi 06320156_Chapter. 42pdf, diakses pada 5 mei 2014).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2012. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarata: PT Pusaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.