PENGARUH WORD SQUARE MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

Linda Asrina, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effect of learning outcomes and student activity by using word square worksheets through a video on the subject of the ecosystem. Samples were students in the class X1 and X2 SMAN 1 Talangpadang which were selected by purposive sampling and the design of research is pretest posttest non-equivalent groups. The type of data in this research is quantitative data in the form of learning outcome data were analyzed using t-test and u-test, qualitative data in the form of learning activity data and response data were analyzed descriptively. The results showed student learning outcomes improved significantly with an average score of N-a gain of 50.25% was obtained from indicators of cognitive domains, namely C2 and C3 supported by student activity data with an average percentage of 79.81% in good criteria and positive responses from students. So it can be concluded that the use of the word square worksheets can affect learning outcomes and student activities significantly.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan LKS word square melalui video pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2SMAN 1 Talangpadang yang dipilih secara purposive sampling dan desain penelitian pretes postes kelompok non-ekuivalen. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-u, data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan data tanggapan yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 50,25% didapatkan dari indikator ranah kognitif yaitu C2 dan C3 didukung data aktivitas siswa dengan presentase rata-rata 79,81% yang berkriteria baik dan tanggapan positif siswa. Maka dapat disimpulkan penggunaan LKS word square dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa secara signifikan.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, LKS word square melalui video



Full Text:

PDF

References


Aqib. Z. 2013. Model Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Gagne, R M., dan. Briggs. L. J.. 1992. Principles Of Instructional Design. 4th Edition. Brace Javonovich College. San Diego: Publisher.

Hamalik,O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rohana, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Word Square Untuk Meningkatkan Prestasi Bela-jar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidro-karbon Di Kelas X SMAN 2 Pekanbaru. Vol 6. No 2.

Safarini, F. 2010. Efektivitas Metode Word square Dalam Peng-uasaan Kosakata Verba Bahasa Jepang. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indo-nesia. (Online) (http://repository.upi.edu/ operator/upload/s_c0551_060339_ chapter2.pdf . Diakses 15 De-sember 2013; 22:06 WIB).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif Progresif. Jakarta: Kencana

Widiyaswara. R. 2013. Pengaruh Penggunaan LKS Berbantukan Word Square Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head together (NHT) Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.