PENGGUNAAN STRATEGI PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Febi Mulia Ibka Sari, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


This research aimed to determine the effect of the matching strategy ndex cards on the activity and student learning outcomes at SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar lampung.The design was a pretest-posttest non-equivalent groups. Claster random sampling was used choosing class IV? andIV? as subjects. The results of an index card matching strategy is effective in improving student learning activities, asking question proposing,fact, collecting data, collaboration, and making conclusions. Obtained an average students learning activities have moderate criterion (71.94). Improvement of students learning outcomes (N-gain 67.42), the ability of students from each indicator with average of N-gain C2(68.9), C3(64.9) and C4(64.0). Questionnaire data showed that all students (100%) was pleased to learn the material with matching strategy index cards. It can be concluded that theuse of an index card matching strategy can improved learning outcomes and students learning activities natural resources subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pencocokan kartu indeks terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada siswa SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar lampung. Desain penelitian adalah desain pretes-postes kelompok non equivalen. Teknik yang digunakan yaitu teknik claster random sampling,kelas IV?dan IV?sebagai subjek. Hasil penelitian penggunaan strategi pencocokan kartu indeks efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaituaspek mengajukan pertanyaan, mengemukakan fakta, mengumpulkan data, bekerjasama, dan membuat kesimpulan. Diperoleh rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa memiliki kriteria sedang(71,94).Peningkatan hasil belajar siswa (N-gain 67,42), kemampuan siswa dari tiap indikator denganrata-rata peningkatan N-gain C2(68,9), C3(64,9) dan C4(64,0).Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari materi dengan strategi pencocokan kartu indeks. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pencocokan kartu indeks dapatmeningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi sumber daya alam.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, strategi pencocokan kartu indeks, sumber daya alam



Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani. 2009. Stategi Belajar Aktif dengan ICM. (Online). (http://pelawiselatan.blogspot.com/2009/04/stategi-belajar-aktif.html, diakses tanggal 20 maret 2014).

Isnaini, N. dan S. Fatona. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Dengan Media Pencocokan Kartu Indeks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii E Smp N 2 Pecangaan Jepara. (online). (http://e-jurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/JP2F/article/.../90, diakses 26 januari 2014): 20:02 WIB)

Kurniawati, E. 2009. Komparasi Strategi Pembelajaran. (online). (http://myaghnee.blogspot.com/2009/, diakses pada tanggal 20 Maret 2014)

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Silberman, M. 2009. 101 Strategi Pembelajaran Active. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

SNP. 2009. Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.