PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUSAAN KONSEP SISWA

Made Setia Harini, Arwin Surbakti, Rini Rita Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to know the used of TTW learning model for improving activity and students conceptual understanding. Research design as was pretest and posttest non equivalent. The samples were X2 and X1 class which were selected by cluster random sampling. Data were qualitative and quantitative. Qualitative data anylisis obtained from the value of pretest, posttest, and N-gain that were analyzed by using U-test. The quantitative data were a descriptive activity and student questionnaire responses. The research result showed that substitution information skill was that 93,0% and asking question skill lowest activity was 84,7%. Result of conceptual understanding had improvement average 53,17 but it was not significant. This TTW learning model not significantly improved conceptual understanding but improved learning activity.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TTW untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas X2 dan X1 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kuantitatif berupa deskripsi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bertukar informasi sebesar 93,0% dan aktivitas terendah kemampuan bertanya 84,7%. Hasil penguasaan konsep mengalami peningkatan dengan rata-rata 53,17 namun tidak signifikan. Dengan demikian pembelajaran melalui TTW tidak signifikan namun aktivitas belajar meningkat.

Kata kunci : aktivitas, penguasaan konsep, think talk write


Full Text:

PDF

References


Andra, D. 2007. Penerapan Mastery Learning Melalui discovery Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pencapaian Kompetensi Belajar Siswa Materi Gerak (PTK Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi.Bandar Lampung : Unila.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang Undang. (online). (http.www.depdiknas.co.id), diakses pada 28 Oktober 2013 pukul 10.10 WIB).

Hadjar, I. 1999. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grasindo.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.

Iru dan Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. DIY : Multi Presindo.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grasindo.

Yamin dan Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.