PENGGUNAAN MEDIA ADIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Hutri Padma Da Silva, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The aim of this research to know the effect of audio visual media towards learning achievement and students learning activities. This research design was pretest-postest non equivalent group. Samples were class X1 and X2 that was chosen by purposive sampling. The quantitative data was obtained from the average value of pretest, postest, and N-gain were analyzed using U-test. The qualitative data was students learning activities which includes teamwork, discussion and presentation discussion results that were analyzed descriptively. The result showed that the audio visual media can improve students learning achievement proof with N-gain average was 25,32. N-gain average of C2 indicator was 23,15 and C4 indicator was 28,49. Learning activities of students from experimental had average 76,19% with high criteria for all aspects. Thus, learning by audio visual media  gave significant influence to improve students learning achievement and student learning activities for kingdom animalia subject matter.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas siswa yang mencakup bekerjasama dengan teman, kegiatan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media audio visual meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata N-gain sebesar 25,32. Rata-rata N-gain pada indikator C2 sebesar 23,15 dan indikator C4 sebesar 28,49. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen untuk semua aspek memperoleh rata-rata 76,19% dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok kingdom animalia.

Kata kunci : hasil belajar, kingdom animlia, media audio visual


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herniza, L. 2011. Pengaruh Media Audio Visual Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pernafasan Manusia. (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Prayitno. 2009. Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suleiman dan Hamzah. 1988. Media Audio-Visual. Jakarta: PT Gramedia.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wardhani, D. V. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Penguasaan Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Oleh Siswa SMP Muhammadiyah Bandar Lampung. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.