PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
Abstract
This research has purpose to know the influences of discovery learning method towards learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIC and VIID that was chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data was obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test.The qualitative data are student learning activities and quostionnaire responses that analyzed descriptively. The result showed that the discovery learning improved students conceptual understanding that proof by N-gain average 59,74. Students learning activity from experiment class was increased with the average score in high criteria (85,71%). Besides that, most of the students gave positive response towards audio discovery learning. Thus, discovery learning can improved students learning activities and conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIc dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata tes yang dianalisis menggunakan uji U dan uji t. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dengan rata-rata nilai N-gain 59,74. Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi (85,71%). Sejalan dengan hal itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan dengan metode discovery learning. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan dengan metode discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
BNSP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah. N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rosilawati dan Sunyono. 2008. Peningkatan Aktivitas dan
Pemahaman Konsep Termokimia Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. (Online).(http://jurnal.lipi.go.id/admin/jurnal/61086974.pdf&ei, diakses pada 12 Desember 2012;20:00).
Sudjana. 1989. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyunimgsih, S. 2012. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA materi Penggolongan Daun dengan Metode Penemuan Terbimbing. (Online).(http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article.view/46/ 46&ei.diakses 12 Desember 2012; 20:30).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.