PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP

Dewi Oktaria, Darlen Sikumbang, Arwin Achmad

Abstract


This research aimed to determine the application of Learning Cycle 5E (LC 5E) model towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIB and VIIC that selected by purposive sampling. The design of this research was pretest-posttest non-equivalent group. Quantitative data was obtained from the average of test scores that analyzed using t-test and U-test. Qualitative data were students learning activities and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed that students learning activities improved in all aspects. Aspect of collecting data/information (78%), giving ideas/opinions (84%), presenting the results of observation/discussion (66%), making inferences (77%). Students conceptual understanding improved with average value of pretest (20,5), posttest (70,8) and N-gain (0,63). In addition, most of the students responded positively to the application of LC 5E model. Thus, LC 5E model had significant effects on improving students learning activities and conceptual understanding.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIC yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak- ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dalam semua aspek. Pada aspek mengumpulkan data/informasi (78%), mengungkapkan ide/pendapat (84%), mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi (66%), membuat kesimpulan (77%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (20,5), postes (70,8) dan N-gain (0,63). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran LC 5E. Dengan demikian model pembelajaran LC 5E berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan siginifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa.


Kata kunci : aktivitas belajar, model pembelajaran LC 5E, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Adnyana, G. P., 2011. Model Siklus Belajar (Learning Cycle). (online). (http://learningmodels.blogspot.com/2011/04/2.html, diakses pada 20 Februari 2014; pukul 10.10 WIB).

Bybee, R.W, J.A. Taylor, A. Gardner, P.V. Scotter, J.C. Powell, A. Westbrook dan N. Landes. 2006.The BSCS 5E Instructional Model: Origins, effectiveness, and Applications. (online). (http://bscs.org/pdf/bscs5eexecsummary.pdf., diakses pada 13 September 2012; pukul 10.00 WIB).

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dasna, I. W dan Sutrisno. 2004. Pengembangan Bahan Ajar Model Learning Cycle Untuk Pengajaran Kimia di SMA. (online). (http://prosiding.unesa.ac.id/download/konaspi-unesa-v/136.pdf, diakses pada 20 Februari 2014; pukul 10.05 WIB).

Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. (online).

(http.www.depdiknas.co.id, diakses pada 28 Desember 2011; pukul10.10 WIB).

Fajaroh, F dan Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar. (online). (http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/20/pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar-learning-cycle/, diakses pada 14 September 2012; pukul 12:33 WIB).

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.