PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Cincin Bertasari, Darlen Sikumbang, Afif Bintoro

Abstract


This research purpose was to know the influence of quarted card as learning media to improve learning activity and subject matter understanding. The design of research was pretest-postest non equivalen. The sample of the research were students class X7 and class X8 that choosen by purposive sampling. Qualitative data of learning activities and student questionnaire responses analyzed using descriptive. Quantitative data was obtained from pretest, posttest and gain that analyzed using U-test.The result of research indicated that quarted card as learning media can improve learning activity with the average of all aspects (or ideas expressed; work together; asking questions and opinions; revealed the results of discussions) good criteria (85,48). Gain of subject matter understanding of experiment class (gain 1,00) was higher than control class (gain 0,82). Otherwise the use of quarted card as media gave influence not significantly toward C2 and C4 indicator. Thus, media quarted as learning media can improved student activity and subject matter understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kuartet sebagai media belajar untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian adalah pretest-postestnon equivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X7 dan X8 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan gain dianalisis dengan uji t atau uji U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu kuartet sebagai media belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan rata-rata semua aspek (mengemukakan ide atau gagasan; bekerja sama; mengajukan pertanyaan dan pendapat; mengemukakan hasil diskusi) berkreteria baik (85,48%). Penguasaan materi pada kelas eksperimen (gain 1,00) lebih tinggi daripada kelas kontrol (gain 0,82). Namun penggunaan media kartu kuartet berpengaruh tidak signifikan terhadap indikator C2 dan C4. Dengan demikian, kartu kuartet sebagai media belajar mampu meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, kartu kuartet, media belajar, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Amrullah, M. 2013. Panduan Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Smart Pustaka.

Djamarah, S dan Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjanah, E. 2013. Pengaruh Media Film Terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). (Skripsi). (Online).(http:repository.upi.edu/ T_PKN_1103150_Chapter.1pdf, diakses pada 26 November 2014).

Sardiman, Rahardjo, Haryono, Rahardito.1986. Media Pendidikan. CV.Jakarta: Rajawali.

Subhani,A. 2011. Kartu Kuartet dan Pembelajaran. (Online).(http://stkipselong.blogspot.com/2011/01/kartu-kuartet-dan-pembelajaran.html, diakses pada 04 Januari 2014).

Sugiono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trinandita. 1984. Aktivitas dan prestasi belajar. (Online). (http://ipotes.wordpress.com/_2008/05/24/prestasi-belajar/, diakses pada 23 November 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.