PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The aim of this research was to know the influence of quartet card media on student motivation and study result. The design was pretest-posttest non equivalent group by purposive sampling, class X7 dan X8 were choosen as subject. The quantitative data of study result was analyzed by t test and U test. The qualitative data were student motivation, study activities and student response questionnaire that analyzed descriptively. Average value of posttest was 66,80. The result showed that using of quartet card media can motivated student and made student learn enthusiasticly. The study result were increased on cognitive indicator with N-gain average on C1 indicator (10,55) and C2 (1,45). Student learn activity had good criteria (82,50) and student felt pleased with learning process from student questionnaire. The conclusion of this researh were using quartet card media can motivated student learning but unsignificantly influence on study result.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah pretes-posttes kelompok non ekuivalen dengan purposive sampling, kelas X7 dan X8 diambil sebagai subjek. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa motivasi siswa, aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Rata-rata postes 66,80. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kuartet dapat memotivasi siswa dan membuat siswa antusias dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar oleh siswa juga terjadi pada indikator kognitif dengan rata-rata N-gain pada indikator C1 (10,55) dan C2 (1,45). Aktivitas belajar siswa memiliki kriteria baik (82,50) dan siswa merasa senang terhadap pembelajaran dari data angket tanggapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kartu kuartet dapat memotivasi belajar siswa tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
Kata kunci : hasil belajar siswa, media kartu kuartet, motivasi
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, Joni. 2011. Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Budiyono, Eko. 2014. Efektifitas Media Kartu Bergambar Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Djamarah, S. B dan Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.
Jacobsen. 2009. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamil, Insani. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Wayang Kulit Purwa. (Skripsi). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. (online). (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/pgsdsolo, diakses pada 01 Juli 2014; pukul 21.05 WIB).
Sedarmayanti. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Subhani, Armin. 2011. Kartu Kuartet dan Pembelajaran. (online). (http://stkipselong.blogspot.com/2011/01/kartu-kuartet-dan-pembelajaran.html, diakses pada 03 Desember 2013; pukul 20.00 WIB).
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.