PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PROSES SAINS

Ayu Windarwati, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study was aimed to determine the effect of Student Work Sheet based on Guided Inquiry of Science Process Skill. Study design was pretest-posttest non-equivalent group. Samples were VIIG dan VIIH, chosen by Purposive  Sampling. Quantitative data which obtained from the average value of test were analyzed by t-test and U-test.  The qualitative data was students Science Process Skill from the observation sheet and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed  that the use of Student Work Sheet based on Guided Inquiry can improve students Science Process Skill. It shown by the experimental class value of  N-gain 0,75 was higher then control class N-gain 0,57, its different significantly. Observation result of Science Process Skill has high criteria (81%), and most of the students gave positive respond to Student Work Sheet based on Guided Inquiry.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Inkiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS). Desain penelitian pretes-postes kelompok tak ekuivalen Sampel penelitian siswa kelas VIIG dan VIIH, dipilih secara Purposive  Sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai rata-rata tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data KPS yang diperoleh dari lembar observasi dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan KPS siswa, terlihat pada rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 0.75 berbeda signifikan dengan kelas kontrol rata-rata N-gain sebesar 0,57. Hasil rata-rata persentase observasi KPS memiliki kriteria tinggi (81%) dan sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing.

 

Kata kunci : fotosintesis, keterampilan proses sains, LKS inkuiri terbimbing 


Full Text:

PDF

References


Arfianty, Hermie. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Konsep Koloid Siswa. (Tesis). Bandung: UPI.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahua Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kurinasih, Idan Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Rustaman, N.Y. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Bandung: FMIPA UPI. (online). (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032/NURYANI_RUSTAMAN/PenPemInkuiri.pdf , diakses pada 10 Maret 2013; 09:10 WIB)

Rustaman, N.Y. 2007. Keterampilan Proses Sains. Bandung: UPI. (online). (http://file. upi.edu/ Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032/NURYANI_RUSTAMAN/KPSvsKG.pdf, diakses pada 10 Maret 2013; 21:10 WIB)

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: FMIPA UNY. (online). (http://staff.uny.ac.id /sites/default/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/ kualitas-lks.pdf, diakses pada 03 Maret 2013; 10:01 WIB)

Zahara, Rita. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Subpokok Materi Hubungan Hasil Kali Kelautan Dan Pengendapan. (Skripsi). Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.