PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT HIPOTESIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Muhammad Akbar, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to know the profile of students' ability to make hypotheses through guided inquiry learning model in the subject matter of life organization. The research design used was a simple descriptive with purposive sampling so sample were the class VII C and VII D. Qualitative data was student of the ability to make hypotheses. Research results was most of students (29,36%) has medium to good category and in general (70,64%) less to bad category. Some of students has good (2,95%) category either. Then some of students (26,41%) has category. Then, some of students (44,21%) has less category. Furthermore, almost half (26.61%) bad categorized. Thus, it was concluded that students' ability to make hypotheses through guided inquiry learning model in the subject matter the lives organization classified as medium to good category and generally classified as less to bad category.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat hipotesis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok organisasi kehidupan. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan purposive sampling sehingga kelas VII C dan VII D sebagai sampel. Data kualitatif berupa kemampuan membuat hipotesis. Hasil penelitian bahwa hamper setengahnya (29,36%) berkategori sedang sampai baik dan pada umumnya (70,64%) berkategori kurang sampai buruk. Rata-rata sebagian kecil (2,95%) berkategori baik. Lalu sebagian kecil (26,41%) berkategori sedang. Kemudian hamper setengahnya (44,21%) berkategori kurang. Selanjutnya hamper setengahnya (26,61%) berkategori buruk. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat hipotesis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok organisasi kehidupan hamper setengahnya tergolong kategori sedang sampai baik dan pada umumnya tergolong kategori kurang sampai buruk.

 

Kata kunci: hipotesis, kemampuan siswa, model inkuiri terbimbing, organisasi kehidupan


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Donald, Ary, dkk (Penterjemah Arief Furchan). 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Guza, A. 2006.Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Asa Mandiri.

Roestiyah, N K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R& D. Bandung: CV. Alfabeta.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zikmund. 1997. Pengertian hipotesis. (online). (http:// santikusuma12.blogspot.com /2014/04/hipotesis.html, diakses pada 24 Mei 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.