PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP

Annisa Shinta Devi, Darlen Sikumbang, Arwin Achmad

Abstract


This research aimed to know the effect of Predict Observe Explain (POE) towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIA and VIIC that was choosen by purposive sampling. Research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data were student conceptual understanding from pretest, postest score and N-gain which were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data were students learning activities data and questionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the students learning activities increased in every aspect which was 70,83. POE learning model can improve students conceptual understanding with N-gain average 73,05. Improvement of students conceptual understanding was significant on C4 indicator cognitif. But, it was not significant on C2 and C3 indicator cognitif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih dari populasi secara purposive  sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U.Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat di setiap aspek dengan rata-rata 70,83. Penggunaan model pembelajaran POE dapat meningkatkan pemahaman konsep oleh siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 73,05. Peningkatan pemahaman konsep oleh siswa secara signifikan terjadi pada indikator aspek kognitif C4. Namun, tidak signifikan terjadi pada indikator C2 dan C3.

Kata kunci : aktivitas belajar, model pembelajaran predict observe explain (POE), pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Restami, M.P., K, Suma; dan M, Pujani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. (Tesis). Singaraja: Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktikum. Jakarta: Bumi Aksara.

Swasty, R. 2013. Pendidikan Indonesia Peringkat 64 dari 65 Negara. (online). (http://M.metrotvnews.com/read/news/2013/12/06/199491/Pendidikan-Indonesia-Peringkat-64-dari-65-negara, diakses pada 6 Desember 2013; 10:05 WIB).

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.