PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research was aimed at determining the effect of Jigsaw learning model to students' verbal communication skills and learning outcomes which the design was pretest posttest for non equivalent groups. The samples were students of class VII A and VII B which were selected by purposive sampling. The qualitative data such as the average score of students' oral communication skills and students' responses questionnaire were analyzed descriptively. The quantitative data were obtained from the average score of pretest, posttest, and gain then statistically analyzed using t-test and U test. The results showed that the students of experimental class had an average score of verbal communication skills with good criterion (81.48). Students’ learning outcomes had increased, with an average gain (0.57). Most of the students (96.30%) gave positive responses to the implementation of Jigsaw cooperative learning. Thus, Jigsaw cooperative learning model was influential in improving students’ oral communication skills and learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan komunikasi lisan siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki kemampuan komunikasi lisan dengan kriteria baik (81,48). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata gain (0,57). Sebagian besar siswa (96,30 %) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar, komunikasi lisan, pembelajaran kooperatif Jigsaw
Full Text:
PDFReferences
Amri, S, dan I.K, Ahmadi. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Darojah, R.U. 2011. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melaporkan Dengan Media Film Animasi Siswa Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas. 2003. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hutagalung. 2007. Pengembangan Kepribadian. Bekasi: PT Indeks .
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kam-wing. 2004. Using ‘Jigsaw II’ in Teacher Education Programmes (Jurnal) .The Hong Kong Institute of Education. Hongkong. (online). (http://edb.org.hk/hktc/download/journal/j3/9.pdf, diakses tanggal 10 Desember 2013, pukul 10:09WIB).
Melizawati, A. 2011.Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Pokok Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Tanjungbintang. Skirpsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Napitupulu, E.L. 2013. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. (online). (http://edukasi.kompas. com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika. Indonesia.Menurun, diakses tanggal 22 Februari 2013, pukul 10.00 WIB).
Rohaeni, M.A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santrock, W.J. 2011. Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.
Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yati, E. 2008. Peningkatan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Menggunakan Metode Kooperatif tipe Jigsaw. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.