PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RAJABASA

Masayu Olba D. A., Tri Jalmo, Rini T. Marpaung

Abstract


This research aimed to describe how the teacher’s profile in teaching of science in class IV Rajabasa elementary school. Subjects were six teachers that teaching science for four class from Rajabasa elementary school using purposive sampling technique. Data was qualitative data that was obtained from description of teacher’s teaching process. Data analysis was obtained from observation sheet of teaching process. The results showed that all of the teacher teaching of science didn’t suit well on process standard, scientific approach, and constructivism with teacher’s value average 47%, 33%, and 33%. It was obvius that teachers of class IV teaching on science didn’t suit well on process standard, scientific approach, and constructivism.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Rajabasa. Subjek penelitian adalah enam guru yang mengajar IPA kelas IV Sekolah Dasar di Rajabasa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data penelitian ini merupakan data kualitatif yang diperoleh dari deskripsi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Analisis data didapat dari lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru melakukan pembelajaran IPA yang kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme dengan persentase skor rata-rata 47%, 33%, dan 33%. Dengan demikian, pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru kelas IV Sekolah Dasar kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme.

 

Kata kunci : konstruktivisme, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses


Full Text:

PDF

References


Barlia, L. 2011. Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains Di SD: Tinjauan Epistemologi, Ontologi, dan Keraguan Dalam Praksisnya.Bandung: Universitas Indonesia.

Depdiknas. 2007. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Firman. 2007. Pembelajaran Sains. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdiani, A. 2013. Literasi Sains di Indonesia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kemdikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Pannen, I. . 2010. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, W. 1977. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.