PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS KERJASAMA SISWA
Abstract
Cooperation activity of students is required so that the students get more experience. This research aimed to know the effect from the use of the talking stick learning model to the cooperation activity of students in the subject matter of environmental pollution and waste. This research is an experimental study using One - Shot Case Study design. The research data was qualitative form that student cooperation activity data obtained by using the student rubric of cooperative activity and analyzed descriptively. Samples were students in the class X1 of 30 students. At the first meeting the average percentage of student cooperation activity is 52.71% and increased in the second meeting be 67.92%. Based on the results it can be concluded that use of the talking stick model of learning can enhance student cooperation activities.
Aktivitas kerjasama siswa diperlukan agar siswa memperoleh pengalaman lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas kerjasama siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan dan limbah. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain One – Shot Case Study. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu data aktivitas kerjasama siswa yang diperoleh dengan menggunakan rubrik aktivitas kerjasama siswa dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dengan jumlah 30 siswa. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas kerjasama siswa sebesar 52,71% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 67,92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas kerjasama siswa.
Kata kunci : aktivitas kerjasama siswa, limbah, pencemaran lingkungan, talking stick
Full Text:
PDFReferences
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Marinda, Nina. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI IPA di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan Volume 1. (Online).(http://www.akademik.unsri.ac.id/paper4/download/paper/TA_56081009034.pdf, diakses 25 Oktober 2013).
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.