KONTRIBUSI ANGGOTA TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research is to determine the correlation of contribution experts team on learning outcomes of home team and correlation of contribution experts team on learning outcomes on Jigsaw learning. Samples are 26 students of XI IPA 1 SMAN 5 Bandar Lampung. Data obtained were qualitative data and quantitative data. The qualitative data is description of student activity in home team, while the quantitative data is pretest and posttest. The data is analyzed by using product moment correlation test. The result test contribution correlation experts team on learning outcomes of home team was -0.13, while result of test correlation of contribution experts team on outcomes learning was 0.403. This result showed that there was not correlation between correlation of contribution experts team on outcomes learning of home team and there is a correlation between contribution experts team on their learning outcomes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontribusi tim ahli terhadap hasil belajar tim asal serta hubungan kontribusi tim ahli terhadap hasil belajarnya pada pembelajaran Jigsaw. Sampel berupa 26 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Bandarlampung. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas ahli di tim asal, sedangkan data kuantitatif berupa pretes dan postes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji korelasi kontribusi tim ahli terhadap hasil belajar tim asal sebesar -0.13, sedangkan hasil uji korelasi kontribusi tim ahli terhadap hasil belajarnya sebesar 0,403. Hasil ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara antara kontribusi tim ahli terhadap hasil belajar tim asal dan terdapat hubungan kategori sedang antara kontribusi tim ahli terhadap hasil belajarnya .
Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, kontribusi, tim ahli, tim asalFull Text:
PDFReferences
Aprilia, D.I. Kriswandani, Novisita Ratu. 2012. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalaui Pembelajaran Kooperatif Pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII C Semester 2 SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga:Satya Wacana.
Dollard, Mar W. dan Mahoney, Kate. 2010. How effective is the jigsaw mothod when used to introduce new science curricula in middle school science?. Fredonia: State University of New York (SUNY).
Huda, R.S. 2013.Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Persiapan Kemerdekaan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Koseoglu, P. 2010. The Influence of Jigsaw Technique-Based Teaching on Academic Achievement, Self-Efficacy and Attitude in Biology Education. Turkey: Hacettepe University.
Prilinda, C.S. 2006. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 1 Jember Tahun Pembelajaran 2005/2006. (Skripsi). Jember.
Rohmania, Liza. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meingkatkan Hasil Bealajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Pokok Bahasan Panca Indra. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widiastini, dkk. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. (Skripsi). Denpasar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.