PERBANDINGAN METODE EKSPERIMEN INKUIRI DENGAN VERIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN
Abstract
Student involvement is one of the important factors in improving learning outcomes. Experimental method requires students to be more active in learning activities. Therefore, this study used an experimental method of inquiry and experimental verification. This study was aimed to compare of inquiry experiment method and verification of student learning outcome of cognitive and psychomotor. Design of this study was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIIA and VIID, chosen by purposive sampling. The data of research consist of quantitative data are student’s learning outcomes of cognitive aspect were analyzed using U-test and psychomotor aspect were analyzed by manner descriptive. Research results indicate using inquiry experiment method (N-gain 55.81) higher and significan be diffirent than verification experiment method (N-gain 43.17). The psychomotor of student learning outcome in inquiry experiment class (73%) as high as with verification experiment class (70%).
Keterlibatan siswa merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar. Metode eksperimen menuntut siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode eksperimen inkuiri dan eksperimen verifikasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan metode eksperimen inkuiri dan verifikasi terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor. Desain penelitian pretest-posttest kelompok non-equivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIID, dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar aspek kognitif siswa yang dianalisis menggunakan uji U dan hasil belajar aspek psikomotor yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eksperimen inkuiri (N-gain 55.81) lebih tinggi dan berbeda signifikan dibandingkan eksperimen verifikasi (N-gain 43.17). Hasil belajar aspek psikomotor siswa pada kelas eksperimen inkuiri (73%) sama tinggi dengan kelas eksperimen verifikasi (70%).
Kata kunci: eksperimen inkuiri, eksperimen verifikasi, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Ambarsari, W. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. V (1)
Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. CD-ROM. Jakarta: Ditjen PMTPTK, Depdiknas
Fatmawati, S. 2010. Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMP dalam Pembelajaran dengan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri pada Materi Pemantulan Cahaya. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. (online). (http://abstrak.digilib.upi.edu, Diakses 21 Maret 2012)
Hadjar. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo
Larashati. 2010. Perbedaan Pengaruh Metode Eksperimen Menemukan dan Eksperimen Verifikasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Yogyakarta I pada Materi Pokok Listrik Dinamis. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. (online). (http://perpustakaan.uny.ac.id, diakses 20 November 2012)
Mahmudah, L. 2011. Pengaruh Interaksi Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Maulana, Y.A. 2008. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Elaborasi Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. (online). ( http://perpustakaan.upi.ac.id, Diakses 20 November 2012)
Nandi, S. 2012. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Eksperimen Inkuiri dengan Verifikasi Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. I (1)
Sayekti, I.C. 2012. Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperime Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan. I (2)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.