PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA
Abstract
This research aimed to know the effect of using realia media towards student’s science process skill (SPS) and student’s concept mastery. Samples were VIID and VIIF chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data was obtained from the average value of test that were analyzed using U-test. The qualitative data are student’s SPS data and quostionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the realia teaching material can improve student’s concept mastery was proof with N-gain average 65,13. The average of student’s SPS result in experiment class was good criteria. For observation (89,78%), classification (79,57%), interpretation (75,27%), communication (76,88%), and conclusion (73,66%). Beside that, most student (96,8%) gave positive response towards realia teaching material. Thus, using realia teaching material can improve SPS and was significant to improve student’s concept mastery.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan penguasaan konsep oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIF yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa data KPS dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 65,13. Hasil KPS siswa pada kelas eksperimen rata-rata berkriteria baik. Pada aspek observasi (89,78%), klasifikasi (79,57%), interpretasi (75,27%), komunikasi (76,88%), dan kesimpulan (73,66%). Di samping itu, sebagian besar siswa (96,8%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan signifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa.
Kata kunci: keterampilan proses sains, media realia, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. (online).(http://.depdiknas.co.id, diakses pada 15 November 2012 10.10 WIB)
Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, R dan N. Sujana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ismawati, P. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD bermedia Realia terhadap Pemahaman konsep Geometri pada Siswa Kelompok B Tk. Dharmawanita Dewi Sartika. (online). (http://ejournal.unesa.ac.id.pdf, diakses pada Rabu, 16 April 2014 13.38 WIB)
Lie, A. 2004. Mempraktikan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta : Kencana
Syaodih, N. S dan Ibrahim. 1996. Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2007. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, H. B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wahyuni, H. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Nyata dan Media Gambar terhadap Peningkatan Minat dan Keterampilan Proses Dasar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Angkinang. (online). (http://eprints.uny.ac.id.pdf, diakses pada Rabu, 16 April 2014 11.00 WIB)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.