PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA

Deny Rinawati, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to know the effect of audio visual teaching material towards student’s learning activities and concept mastery. Samples were VIIA and VIIthat was chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data was obtained from the average  value of test that were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data are student learning activities data’s and quostionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the audio visual teaching material can improve student’s concept mastery was proof with N-gain average 59,4. Whereas student’s learning activities were observed in experiment class was increase with the average score of all aspect was high criteria (75,4%). Beside that, most student (97%) gave positive response towards audio visual teaching material. Thus, using audio visual teaching material was significant to improve student’s learning activities and concept mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap penguasaan konsep dan aktivitas siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIdan VIIB yang dipilih dari populasi secara purposive  sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 59,4. Selain itu aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan untuk semua aspek dengan rata-rata aktivitas berkriteria tinggi (75,4%). Sejalan dengan hal itu, sebagian besar siswa (97%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual. Dengan demikian, penggunaan media audio visual  berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa.

Kata kunci :   keanekaragaman ciri makhluk hidup, media audio visual, penguasaan konsep

 

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2007. Media Pengajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Depdiknas. 2003. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BNSP.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Erika. 2011. Pengaruh media audio visual melalui model Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan (Studi eksperimental semu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung 2010/2011). Skripsi. Bandar Lampung : FKIP Unila.

Prastowo, A. 2011. Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Pres.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suleiman. 1988. Media Audio visual. Jakarta : PT Gramedia.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta : Aditya Media Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.