PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI

Irna Yulyati, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This study aimed to know the influence of using audio-visual media through STAD  learning  in student activity and mastery of subject matter vertebrates. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were students of class X1 and X2, choosen by cluster random sampling. Research data form of qualitative data that is obtained  from student activity sheets observation were analyzed descriptive. The quantitative data on students' mastery of  material that is obtained by pretest and posttest  were analyzed by using t-test and U-test. Results  research  activity of  students during  learning process that was not an increase  activity from the  meeting I to the meeting II with  decline of (3.3%). The mastery of subject achievement was descrease with decline (1,32%). It can be concluded that the use of audio-visual media with STAD was not influence  to improve activity and mastery of subject.

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual melalui pembelajaran STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi pokok vertebrata. Desain penelitian  pretes-postes non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 dipilih secara teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Hasil penelitian aktivitas siswa pada proses pembelajaran yaitu tidak adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan penurunan sebesar (3,3 %). Penguasaan materi mengalami penurunan sebesar (1,32%). Dengan demikian pembelajaran media audio-visual melalui STAD tidak berpengaruh  untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi.

Kata kunci: aktivitas, media audiovisual, pembelajaran kooperatif tipe STAD, penguasaan materi, vertebrata

 

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakriyah, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi Pokok Jamur (SKRIPSI). Surakarta: Universitas Muhamadiyah.

Hartati, Sri. 1997. Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Proses Belajar Mengajar Biologi di SMA. Jakarta: Edukasi

Riyanto,Y. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem. (SKRIPSI). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suwardana, I. 2010. Pengaruh Pembelajaran Biologi Model Student Teams Achievemen Division (STAD) dengan Menggunakan Animasi Multimedia terhadap Penguasaan Materi Pokok Sistem Ekskresi. (SKRIPSI). Bandar Lampung: Universitas lampung.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Eka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.