PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual melalui pembelajaran STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi pokok vertebrata. Desain penelitian pretes-postes non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 dipilih secara teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Hasil penelitian aktivitas siswa pada proses pembelajaran yaitu tidak adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan penurunan sebesar (3,3 %). Penguasaan materi mengalami penurunan sebesar (1,32%). Dengan demikian pembelajaran media audio-visual melalui STAD tidak berpengaruh untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi.
Kata kunci: aktivitas, media audiovisual, pembelajaran kooperatif tipe STAD, penguasaan materi, vertebrata
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakriyah, A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi Pokok Jamur (SKRIPSI). Surakarta: Universitas Muhamadiyah.
Hartati, Sri. 1997. Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Proses Belajar Mengajar Biologi di SMA. Jakarta: Edukasi
Riyanto,Y. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem. (SKRIPSI). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Suwardana, I. 2010. Pengaruh Pembelajaran Biologi Model Student Teams Achievemen Division (STAD) dengan Menggunakan Animasi Multimedia terhadap Penguasaan Materi Pokok Sistem Ekskresi. (SKRIPSI). Bandar Lampung: Universitas lampung.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Eka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.