PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LC 5 FASE DENGAN STAD TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA
Abstract
This research aimed to know the comparison model LC with STAD model towards student’s learning activities and material mastery. This research design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VIIIA and VIIIC that was chosen by purposive sampling. The qualitative data of learning activities and student questionnaire responses which analyzed descriptively. The quantitative data obtained average value of pretest, posttest, and gain were analyzed using U-test. The result showed the STAD (0.61 value) improve student’s material mastery morethan LC (0.57 value). STAD gain of C2 indicator (0.52) and (0.97) LC; C4 indicator (0.55) STAD and (0.45) LC. The average learning activities all aspects (colaboration, search informatian, write opinions, presentation, ask question) STAD class (73.42) and (63.53) LC. Generally most of student (90.60%) gave positive response towards STAD and LC (87.56%). Thus, learning by using model STAD significan influence to improve student’s activities and material mastery.
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan penggunaan model LC dengan STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian kelas VIIIA dan VIIIC dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa di analisis secara deskriptif. Data kuantitatif rata-rata nilai pretes, postes, dan gain dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Hasil penelitian menunjukkan model STAD (Gain 0,61) lebih meningkatkan penguasaan materi siswa dibanding LC (Gain 0,57). Pada STAD gain indikator C2 sebesar (0,52) dan (0,97) LC; indikator C4 sebesar (0,55) STAD dan (0,45) LC. Rata-rata aktivitas belajar siswa semua aspek (Bekerja sama, mencari informasi, menulis pendapat, presentasi, mengajukan pertanyaan) kelas STAD yaitu (73,42) dan (63,53) pada LC. Sebagian siswa 90,60 %. memberikan tanggapan positif terhadap STAD dan LC 87,56 %. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model STAD berpengaruh signifikan meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa.
Kata kunci: model LC 5 fase, model STAD, penguasaan materi, sistem pencernaan
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Petunjuk Teknis pengembangan Silabus Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, S.B dan A. Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhieneka Cipta.
Driana dan Hamka. 2013. Menyikapi Hasil PISA 2012. (online).(http://budisansblog.blogspot.com/2013/12/menyikapi-hasil-pisa-2012.html. Diakses, pada Kamis 16-04-2014 pukul 19.00 WIB).
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, F. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis KPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Hidayati. 2008. Aplikasi Pembelajaran Learning cycle 5 Fase dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan pada Siswa Kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Hadjar, 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasinda.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Sari, A.Y. 2007. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning ( Theory, Research and Practice) Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem. (Sripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung .
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogjakarta: Eka Cipta.
Yusro. 2012. Refleksi Akhir Tahun 2012 Sakitnya Pendidikan Kita. (online). (http://edukasi.kompasiana.com/2012/12/29/refleksi-akhir-tahun-2012-sakitnya-pendidikan kita-520765.html, Diakses pada, Rabu 16-04-2014 pukul 07.00 wib).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.