PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research was aimed to know the effect of multimedia interactive towards learning achievement and student’s learning activities. This research design was pretest-posttest equivalent group. Samples were VIIIB and VIIIC that was chosen by purposive sampling. The result showed that the multimedia interactive can improve student’s learning achievement proof with gain average was 0.270. Gain average of C2 indicator was 0.032 and C4 indicator was 0.006. Learning activities of student’s in the experimental class for all aspects such as express opinions, ask questions, collaborate, exchanging information, and presentation earned an average 65.52% with medium criteria. Most of student (94.3%) gave positive response towards multimedia interactive. Thus, learning use multimedia interactive is significan influence to improve student’s learning achievement and student learning activities in the characteristics of digestion.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian ini kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata gain sebesar 0,270. Rata-rata gain pada indikator C2 0,032 dan indikator C4 sebesar 0,006. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen untuk semua aspek seperti mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, bekerjasama, bertukar infromasi, dan presentasi memperoleh rata-rata 65,52% dengan kriteria sedang. Sebagian besar siswa (94,3%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok sistem pencernaan.
Kata kunci : hasil belajar, multimedia interaktif, sistem pencernaan
Full Text:
PDFReferences
Ariasdi. 2009. Multimedia Dalam Dunia Pendidikan. (Online).(http://ariasdimultimedia.wordpress.com/2009/03/16/multimedia-dalam-dunia-pendidikan, Diakses pada Minggu, 17 Maret 2013, pukul 10.00 WIB)
Balitbang. 2012. Masalah Pendidikan Yang Paling Utama di Indonesia. (Online). (http://waonekur.blogspot.com/2012/01/ masalah-pendidikan-yang-paling-utama-di.html?m=1, Diakses pada Minggu, 17 Maret 2013, pukul 10.20 WIB)
Hadjar, 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasinda.
Kurniawan, A. 2007. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. (Online). (http://dglib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=detail&d_id=4332, Diakses pada Minggu, 17 Maret 2013, pukul 10.45 WIB)
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pradinata, A. 2011. Arti Penting Pemanfaatan Media Bagi Pembelajaran di Indonesia. (Online). (http//www arti-penting-pemanfaatan-media.html, Diakses pada Senin, 18 Maret 2013, pukul 20.00 WIB)
Rahmi, E. 2011. Pengaruh Multimedia Terhadap Kesuksesan Publik Relation. (Online). (http://multimediafdik.blogspot.com/2011/12/pengaruh-multimedia-terhadap-kesuksesan.html, Diakses pada Senin, 18 Maret 2013, pukul 23.30 WIB)
Shidiqi, A. Kerucut Edgar Dale. (Online).(http://CoretansiKidiKerucut Edgar Dale_maknyussss, Diakses, Sabtu 23 Maret 2013, pukul 10.00)
Sihole, R. 2013. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil belajar dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuih Manusia. (Skripsi). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Suwanty. 2012. Perbandingan Penguasaan Materi Sistem Pencernaan Oleh Siswa Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan STAD (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Tapilow, FS. 2007. How Interactive Multimedia Affected Student’s Cognition In Learning Biology At The Middle and The Higher Education Level. (Online). (http://file.Upi.edu/Direktori/SPS/prodi;pendidikan_IPA/195107261978032. Fransiska, Diakses pada Senin, 18 Maret 2013, pukul 08.00 WIB)
Tokan, A. 2012. Masalah Pendidikan Paling Utama di Indonesia. (Online).(http://tokanbrother.blogspot.com /2011/08/masalah-pendidikan-paling-utama-di.html, Diakses pada Minggu, 24 Maret 2013, pukul 10.00 WIB)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.