PENGARUH MEDIA VIDEO DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GERAK TUMBUHAN
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of using video media with STAD learning model towards students activity and students achievement. The research sample were students in VIIIa and VIIIc class that was selected by cluster random sampling. Data of the research were qualitative and quantitative that was obtained from questionnaire. The qualitative data was gotten by students learning activity and questionnaire that was analyzed descriptively. The quantitative data were the average score of test, that was analyzed by t and U test. Result of research indicate that mean of student learning activity have good criteria at the highest aspect of working together (89.25). Increasing of student achievement also happend in cognitif aspect (C1) with gain (0.54). It means, using video media with STAD learning model significantly influenced the improvement of students learning activity and students achievement in motion of plant subject matter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dengan model pembelajaran STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIc yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif berupa hasil belajar. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria baik pada aspek tertinggi bekerja sama (89,25). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1) dengan rata-rata gain (0,54). Dengan demikian, penggunaan media video dengan model pembelajaran STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan.
Kata kunci : aktivitas belajar, gerak tumbuhan, hasil belajar, media video, STAD
Full Text:
PDFReferences
Azizah. 2012. Buku Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, J. 2011. Pemanfaatan media video untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kemiriswu 2 Pasuruan. (online). (http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=52548 pada 11 November 2013 pukul 13.16).
Prawiradilaga, D. S. 2009. Penguasaan Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanudin, Y. 2007. Pengaruh Penggunaan Media video dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Ekosistem oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung TP.2007/2008 (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sardiman, A. S., Raharjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slavin, R.E. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulastri, E. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Pokok Ekosistem (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Susilowati, D.E. 2012. The Influence of Using Picture Card Through Example Non Exmples Learning Model to The Student’s Creative Thinking Ability. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.