PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fertika Dwi Yoswita, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T.Marpaung

Abstract


The purpose of the study was to know the influence of using problem based learning on students critical thinking ability and material mastery of students on the subject of environmental management. Samples of the study were the students of class VII E and VII F, which selected by cluster random sampling technique. The quantitative data was obtained from pretest, posstest that was statistically analyzed by U-test. The qualitative data was students activity and critical thinking ability, that was analyzed descriptively. The result showed that the activities of cooperation with friends, discussion activities, thinking ability were increase with the average value of n-gain 32,57%. So, it can be concluded that PBL model has significant influence on students critical thinking ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerjasama dengan teman, melakukan kegiatan diskusi, mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengalami peningkatan. Hasil kemampuan berpikir kritis juga mengalami peningkatan sebesar 32,57%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci : aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, pengelolaan lingkungan, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. 2007. Memahami Berpikir Kritis.( online) (http://www.fk.undip.ac.id/Pengembangan-Pendidikan/clinical- reasoning dan- berpikir-kritis.html 21 Oktober 2012).

Adyana, G. P. 2009. Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah. (online).(http://suaraguru.wordpress.com/2009/02/23/meningkatkan kemampuanberpikir- kreatif-siswa 21 Oktober 2012).

Hasnunidah, N. 2009. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penggunaan Model Problem Based learning Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Organ Manusia. (online) (http ://pustaka ilmiah Unila Wordpress 21 Oktober 2012).

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa Learning.

Permata. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.(Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Relista, R. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Komik dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan. (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Sukardi. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.