PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Mirnawati Mirnawati, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to know the effect of  examples non examples learning model towards cognitive achievement and students’ environmentally conscious attitude. This research design was pretest-posttest non-equivalent. Samples were VIID and VIIE that was chosen by purposive sampling. The quantitative data was obtained from cognitive achievement (pretest, posttest, N-gain) and analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data was obtained from questionnaire and field notes were analyzed descriptively. The results showed that examples non examples learning model increased the average of  cognitive achievement although not significantly (59,19 increased to 70,36 with N-gain 26,02). Whereas students’ environmentally conscious attitude was categorized very high with average 85,01% from questionnaire and 90,91% from field notes. Thus, examples non examples learning model was influenced not significantly towards cognitive achievement and influenced towards students’ environmentally conscious attitude.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes non-equivalent. Sampel yaitu siswa kelas VIID dan VIIE yang dipilih secara  purposive  sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar (pretes, postes, N-gain) yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa kuesioner dan catatan lapangan mengenai sikap peduli lingkungan yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran examples non examples meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa walaupun tidak signifikan (59,19 meningkat menjadi 70,36, dengan N-gain 26,02). Sedangkan, sikap peduli lingkungan oleh siswa berkriteria sangat tinggi dengan rata-rata 85,01% yang didapat dari kuesioner dan 90,91% dari catatan lapangan. Dengan demikian, model pembelajaran examples non examples berpengaruh tidak signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dan berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan oleh siswa.

 

Kata kunci : examples non examples, hasil belajar kognitif, sikap peduli lingkungan


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). (Online). ( http://bsnp-indonesia.org/id/?page_id=103/. Diakses pada 3 Mei 2013).

_____. 2007. Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang: Standar Proses. (Online). (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/proses/Permen_41_Th-2007.pdf. Diakses pada 9 Maret 2014).

Damayanti, V. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kabupaten Tebo. (Online). (http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/716. Diakses pada 3 Mei 2013).

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elmubarok, Z. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Geovanis, N. 2011. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Examples non Examples terhadap Penguasaan Materi Pokok Organisasi Kehidupan. (Skripsi). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Guza, A. 2009. Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Asa Mandiri.

Haryono, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. (Online). (http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/971. Diakses pada 3 Mei 2013).

Iskandar, Z. 2012. Psikologi Lingkungan Teori dan Konsep. Bandung: Refika Aditama.

Nawawi, H. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayuningsih, S. U. 2008. Psikologi Umum 2 Pdf. (Online). (http://www.scribd.com/doc/61043015/bab1-sikap-1. Diakses pada 28 Februari 2013).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Santoso, E. B. 2011. Model Pembelajaran Example Non Example. (Online). (http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-example-non-example.html. Diakses pada 28 Februari 2013).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suratno, M. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Mas Media Buana Pustaka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.