PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research was to determine the influence of using Quantum Learning toward students learning outcomes on subject matter of waste. The research design was pretest-posttest Non Ekuivalen. The samples in this research were students class X IPA2 and X IPA3 randomly selected by purposive sampling technique. The qualitative data was students activity during the learning process that analyzed descriptively. The result of the research shows that the using of Quantum Learning model can improve the students learning outcomes, it can be seen from the experimental class average valve N-gain of (57.91). Beside that,the average student activity showed an increase that was (71.8). Based on the research, it can be concluded that the Quantum Learning Model was increased the students learning outcomes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok limbah. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest Non Ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 dan X IPA3 yang dipilih secara acak dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa, ini terlihat pada kelas eksperimen rata-rata nilai N-gain sebesar (57,91). Selain itu, rata-rata aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar (71,8). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, limbah, quantum learning
Full Text:
PDFReferences
Ahmad dan Joko. 2009. Model Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arini. 2010. Keaktifan Quantum Learning Dan Tehnik Pemetaan Pikiran Terhadap belajar ekonomi. Pokok materi jurnal penyesuaiansiswa Tes X. Sma Teuku Umar Semarang. Semarang : UNS.
De Porter. B dan Mike H. 1982. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Lozanov, G. 2003. Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jakarta : Haifa.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.
Rochyati. 2006. Pengaruh Metode Quantum Learning Dan Quantum Teaching Terhadap prestasi Belajar. Aceh : UN Aceh.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiarto.2004.Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Syah, Muhibbin. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.