EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Pebi Herpindo Saputra, Pramudiyanti Pramudiyanti, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effect of audio-visual media TPS model in improving student’s learning activities and concept mastery . The study design was a pretest-posttest equivalent group. Samples were XI IPA 3 and XI IPA 4 grades selected by purposive sampling. The quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and N-gain that it were statistical analyzed using U test. The qualitative data were description of learning activities and students' questionnaire responses. The results showed that the activity of teamwork, persentation, and express of ideas were increase. The students’ concept mastery also increase with the average value of N-gain was (61.68). So, it can be concluded that the using of audio visual media with TPS model was effective to increase students’ learning activity and concept mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio-visual dengan model TPS dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerja sama, presentasi, dan mengemukakan ide/pendapat mengalami peningkatan. Penguasaan konsep siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain (61,68). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio-visual  dengan model TPS efektif dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci : aktivitas, media audio-visual, penguasaan konsep, TPS

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

---------.2007. Media Pengajaran. Jakarta : Grafindo.

---------. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Hamalik, O. 2002 Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

----------. 2004.. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hanafiah. 2010. Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dalam Mata Pelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Langsa. http://www.umnaw.com/kultura/kultura%20vol%2011%20-%201%20maret%202010/9.%20Drs.%20Hanafiah,%20MM.doc (17 Juni 2013 ; 15:00 wib)

Larasati. P. A. 2012. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis SiswaPada Materi Pokok Sistem Pencernaan. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Suryani, Siti. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dikombinasikan Dengan Animasi Multemidia Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pernapasan Pada Manusia. Skripsi. Bandar Lampung : UNILA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.