PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Martina Krista Ratna Sari, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study was aimed to know the influence of using brochure learning material in improving student critical thinking skill and student activity. The research design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were VII A and VII C, chosen by purposive sampling. The research data were quantitative and qualitative data. The quantitative data was the N-gain data analyzed by t-test and U-test. The qualitative data was the observation sheet of learning activity and student responses questionnaire, were analyzed descriptively. The result showed that brochure learning material was improve student critical thinking skill with N-gain value average was 71.54. Learning activities student also improved with each percentage were express the idea 78.65, teamwork/communication with member of group 81.77, present the discussion result 79.69, and ask question 78.65. Most student gived positive respond to the using of brochure learning material.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian pretes-postes kelompok  non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C, dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan rata-rata nilai N-gain 71,54. Aktivitas belajar siswa meningkat; mengemukakan ide (78,65%), bekerjasama/berkomunikasi dengan anggota kelompok (81,77%), mempresentasikan hasil diskusi meningkat (79,69%), dan mengajukan pertanyaan (78,65%). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar brosur.

 

Kata kunci:  aktivitas belajar, bahan ajar brosur, keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Amri, S.dan I. K, Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustaka-raya

Dharmasraya. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Diakses dari http://www. dikmenum.go.id pada Kamis, 7 Februari 2013 17: 22 WIB

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Kunandar. 2009. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Setyono, B. 2005. Penyusunan Bahan Ajar. Diakses dari http://www.smasewon.com pada Minggu, 17 Februari 2013 11: 04 WIB

Wuryanto. 2010. Evaluasi Bahan Ajar. Diakses dari http://belajar jadiguru.wordpress.com pada Selasa, 19 Februari 2013 15: 02 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.